Kamis, 01 Januari 2009

SERIOUS GAME GOES TO POLITIC. TEKAN GOLPUT PEMILU DENGAN EXBOX

Masyarakat Amerika Serikat akan segera memulai hajatan pemilu presiden bulan November mendatang. Demi menjangkau peserta pemilu dari kalangan muda, para pengguna konsol game Xbox kini bisa mendaftar pemilu melalui layanan online Xbox Live. Microsoft selaku produsen Xbox telah menandatangani kesepakatan dengan kelompok aktivis Rock The Vote untuk program tersebut. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menekan angka golongan putih (golput) di kalangan muda yang disinyalir bakal kian melonjak saja.

Selain bisa mendaftar pemilu, anggota Xbox Live juga bisa mengikuti polling tentang pemilu. Sebuah forum di Xbox Live juga bakal dipakai untuk menampung opini para gamer mengenai kandidat presiden pilihan mereka. “Demi merealisasikan target meraup dua juta kaum muda Amerika, kami perlu menjangkau wilayah di mana mereka berada. Tak ada keraguan bahwa banyak dari mereka menggandrungi Xbox dan Xbox Live,” kata Heather Smith, direktur eksekutif. Rock the Vote seperti dikutip detikINET dari BBC, Sabtu (23/8/2008).

Di lain pihak, Microsoft menyatakan mereka juga berencana ambil bagian dalam konvensi partai Republik dan Demokrat untuk menjelaskan mengenai program itu. Layanan Xbox Live sendiri menurut Microsoft, mempunyai sekitar 12 juta anggota yang tersebar di 26 negara.

Golput dapat terjadi karena rakyat tidak / belum percaya pada wakil partai yang diajukan. Dengan memahami lebih jauh informasi mengenai wakil-wakil dari partai yang ada, rakyat mulai percaya dan menaruh harapan kepada wakil yang dipilihnya. Mungkinkah dengan memanfaatkan serious game yang satu ini, dapat mengurangi golput di indonesia?

1 komentar:

  1. Baccarat (also known as Big Time) - Online casino
    A version of the famous baccarat game called Big Time or Baccarat. The 바카라 game involves the use of a “baccarat wheel” called a "baccarat wheel” which 바카라사이트 is the object of all 카지노

    BalasHapus